FKIP UNPAS Pilihan pasti setiap generasi

DPR RI - MAHASISWA PERLU PAHAMI KINERJA DPR


AKTIFITAS MAHASISWA | 05 Feb 2018

DPR RI - MAHASISWA PERLU PAHAMI KINERJA DPR


JAKARTA, PPKN.FKIP.UNPAS.AC.ID - Mahasiswa-mahasiswi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan (FKIP UNPAS), Selasa (28/5/2018) berkesempatan melakukan perjalanan studi ke Gedung DPR RI dan Gedung Komisi Yudisial Republik Indonesia.

DPR RI Berharap mahsiswa bisa memahami kinerja DPR RI dan menginformasikan kepada masyarakat mengingat banyak anggota DPR RI yang berkinerja baik namun tidak terpublikasi dengan baik. Anggota komisi 5 DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan mahasiswa punya peran penting untuk menyampaikan berita baik terkait kinerja DPR RI, dirinya sudah sering menerima mahasiswa yang berpikiran buruk terkait kinerja DPR, namun setelah kembali ke kampus masing-masing mainset mereka terkait berita DPR RI berubah. hal ini karena informasi yang mereka terima telah terdistorsi oleh media.

Lebih jauh Agus mengatakan bahwa setelah mereka melakukan kunjungan ke gedung DPR RI mahasiswa mendapat gambaran yang jelas, lebih utuh terhadap tugas dan fungsi anggota DPR. tapi tidak hanya itu, yang penting adalah bagaimana seorang anggota DPR itu bekerja agar mereka mendapatkan hal yang berbeda dari apa yang sering mereka baca, sering mereka tonton di media-media.

Dalam kunjungan tersebut para mahasiswa didampingi oleh dua orang dosen yaitu Bapak Cahyono, M.Pd. dan Bapak Deni Zein, M.Pd.

Deni Zein mengucapkan terima kasih pada pihak DPR RI yang telah mempasilitasi kunjungan belajar di gedung parlemen indonesia. dengan kunjungan tersebut mahasiswa banyak belajar terkait dengan tugas dan fungsi anggota DPR yang mewakili rakyat di daerah pemilihan masing-masing. lebih jauh deni zen mengatakan bahwa di era revolusi 4.0 ini melek terhadap politik atau literasi politik merupakan unsur utama di dalam pembangunan negara ini.

Lebih lanjut deni zein mengatakan dengan adanya kunjungan ini, diharapkan dapat membuat mahasiswa lebih faham tentang fungsi dan peran DPR  yang dapat berdampak pada tidak apatisnya mahasiswa terhadap kinerja DPR yang selama ini dilihat kurang baik oleh masyarakat. selain berkunjung ke DPR-RI, Mahasiswa PPKn juga berkunjung ke Komisi Yudisial. kunjungan ke KY diharapkan dapat menambah pemahaman Mahasiswa tentang posisi KY dalam struktur kelembagaan Negara Republik Indonesia. 



Video Terkait: